Monday, June 16, 2008

Setiap orang punya kapasitas masing2...

Shallom bro n sis semua,

Hari ini saya ingin berbagi tentang percobaan, beban dan kemampuan yang kita punyai masing2. Setiap kita adalah pribadi yang unik. Satu sama lain pasti berbeda. Jangankan orang lain, lha wong saudara kembar pun ada bedanya lho ya...contohnya ya saya ini, sangat jauh berbeda dengan kembaran saya, yang pasti kalian semua kenal, itu lho Brad Pitt...walopun dia 1000% terang2an menolak mengakui saya sebagai kembarannya tapi saya juga dengan terang2an ingin menjadi kembarannya...maksa dikit gpp lah mumpung dia masih jauh di Ameriko sono...kekekeek...Padahal kalo dia tahu tuh nama asli gue kan jg Bread...(beda huruf satu biji kan?) tapi nama akhir gue yang sangat berbeda yaitu Talk...:))
Udah ah mau serius malah ancur...

Back to topic ya...Karena kita ini diciptakan Tuhan sebagai pribadi yang unik, maka selain karakter kita yang berbeda satu sama lain, kemampuan kita pun berbeda...ada orang yang sanggup makan nasi 2 piring penuh, ada yang hanya kuat cuma setengah porsi saja...(apalagi kalo harus bayar sendiri)...Nah ada satu kata yang bisa menjelaskan kemampuan kita di hadapan Tuhan dan sesama: Talenta...Kita diberi Tuhan masing2 Talenta yang sangat berbeda. Ada yang diberi hanya satu Talenta, dua Talenta, bahkan 5 ato sepuluh Talenta...Ada yang suaranya merdu seperti biduan (nih kata tahun 80an, masih pada pake gak ya?), wajah yang di atas rata2 (cakep ato cantik maksudnya, bukan hidung di atas rata2, bibir di atas rata2..itu mah nrimo aja lah ya say..), eh masih ada tambahannya yaitu Pinter, Baik Hati, tidak sombong, rajin menabung etc etc...Tetapi ada juga di antara kita yang mempunyai falsafah Silence is Golden yang berarti mending diem aja, gak usah nyanyi apalagi baca puisi karena batuk dan bersin pun fals...sorry kalo ada yang kesindir. Di satu sisi kita mempunyai kekurangan, di sisi lain pasti ada kelebihan yang kita punya sedangkan rekan yang lain tidak. Tuhan itu Maha Adil lho sob...ingat itu...Ketika Dia memberi dan mengijinkan kita lemah di sudut kiri, Tuhan memberi kelebihan di sudut tengah atau sudut kanan atas. Ngerti toh? Setiap kita diciptakan indah oleh Tuhan.

Nah kembali ke talenta tadi...(bukan sekolah Talenta yang ada di Taman Kopo Indah, Bandung lho)...mengapa Tuhan memberi masing2 kita berbeda dalam jumlah talenta itu? Apa iya Tuhan ndak adil? Ma'enya kitu? Totally wrong itu...Justru Tuhan tahu kapabilitas kita. Orang yang sanggup mengembangkan 5 talenta pasti Dia tidak memberikan hanya 2 talenta dan begitu juga sebalikanya. Analogi ini berlaku untuk percobaan dan masalah yang Tuhan izinkan untuk hadir dalam perjalanan kita di bumi yang makin tua dan makin panas ini. Kadang kita melihat orang lain itu bebannya lebih ringan dari kita. Malah kalo bisa ya tukeran peran dan tempat aja. Selalu kita memandang "rumput" di rumah tetangga kita itu lebih "hijau" dari pada di halaman sendiri. Padahal sesuatu yang hijau belum tentu sehat dan menyenangkan. Misalnya hijau di siku bekas nabrak lemari tadi pagi gara2 PLN ngadain pemadaman bergilir. Itu kan sakit banget yak? hehehe. Percayalah bahwa Tuhan selalu ingat dan maklum dengan kemampuan kita masing2. Si A yang kemampuannya berhutang hanya setingkat Kartu Kredit Classic, gak akan Tuhan izinkan untuk berhutang setingkat Platinum..ingat ya Tuhan tidak mengizinkan dan membuat kita menanggungnya. Kalau pun ada yang bebannya dirasakan tidak sesuai kemampuannya itu salah satu faktornya adalah pilihan kita yang sangat salah. Karena balik lagi, Tuhan itu bukan pemaksa, Tuhan mengizinkan kita memilih sesuai kemauan dan rencana kita (yang seringkali tidak sesuai dengan rencana Tuhan).
Jadi bisnismen yang omzetnya miliaran, bebannya pasti jg miliaran, bisnismen yang hanya ratusan ribu ya bebannya pasti jg ratusan ribu. (sesuai dengan rancangan Tuhan, kecuali ya itu tadi : Tidak benar dalam melangkah dan memilih).
Satu hal lagi yang harus selalu di ingat dalam pasal satu hidup kita adalah: Tuhan tidak pernah memberikan percobaan melebihi kekuatan kita. Dia memberikan izin kepada percobaan untuk menguji kita bukan membinasakan hidup kita. Dan Tuhan memberikan satu paket full komplit yaitu dengan jalan keluar supaya kita dapat menanggungnya.

So, sobat semua, mari kembali kita memandang Tuhan dalam masalah kita. Jangan takut dengan masalah yang kita hadapi. Karena ada paket tadi yaitu jalan keluar. Terlebih dari semua itu, Tuhan selalu menyertai kita, mengingat kita, Gusti Allah ora pernah turu...(God never sleeps).

Tetap kerjakan tanggung jawabmu, hadapi kekurangan dan masalah mu. Jangan takut karena Dia sekali-kali tidak akan pernah meninggalkanmu. KemurahanNya lebih dari hidup itu sendiri.

Amin. Semoga menjadi berkat.

No comments: