Sunday, August 17, 2008

63 tahun kita Merdeka, semerdeka apa ya?


Dirgahayu Indonesia. Selamat ulang tahun ke 63 ya...
Bila diibaratkan manusia, usia 63 itu adalah usia yang luar biasa matang seharusnya. Di usia itu, manusia sudah bukan lagi manusia produktif (berdasarkan asumsi bahwa kalo usia segitu karyawan udah pensiun dari pekerjaannya). Tetapi ada juga yang masih berkarya dan bekerja keras. Malah banyak pejabat yang masih berusia kepala 6 saat ini. Kalo boss usia segitu udah jadi komisaris misalnya. Hehehe.

Nah di usia yang ke-63 ini jangan kita bertanya apa yang sudah diberikan oleh negeri ini pada rakyatnya. Banyak kekurangan di sana sini. Masih banyak rakyat miskin di pelosok negeri ini. Tetapi di satu sisi ada banyak koruptor yang bergelimang harta. Weleh2 kalau diteruskan sepertinya 2 halaman blog juga gak ada habisnya.

Saat ini mari kita kesampingkan hal-hal itu. Seperti yang dikatakan oleh salah satu tokoh besar AS (JFK, kalo salah tolong dikoreksi)...Jangan kita bertanya apa yang sudah diberikan oleh negara ini kepada kita, tetapi apakah yang kita berikan pada negara ini.
Banyak dari kita yang tidak mampu untuk membuat iklan diri seperti tokoh2 yang berambisi menjadi pemimpin baru di 2009 nanti. Kita tidak punya slogan semacam Hidup adalah Perbuatan, Di mana ada kemauan di situ ada jalan, Bersama Kita Bisa dan semacamnya. Kita juga tidak mampu merangkul rakyat miskin atau golongan petani yang harus kita cintai. Bukan ... bukan itu yang bisa kita mulai sekarang dari diri kita sendiri. Mari bangga menjadi bangsa Indonesia, bangga punya budaya yang demikian beragam. Bangga dan bersyukur karena negara kita damai dan relatif aman jika dibandingkan dengan negara2 lain yang dalam perang dan konflik. Berdoalah bagi bangsa ini. Semakin banyak lutut yang tertekuk, semakin banyak doa harapan yang terucap. Semakin indah negeri kita. Negeri ini butuh lebih dari sekedar slogan semata. Negeri ini butuh hal2 nyata. Disiplin dari diri sendiri, tertib di jalan, tidak korupsi dalam bentuk apapun juga, menghormati sebelahmu, simpati pada yang membutuhkan, mau mendengar itu cuma sedikit contoh yang bisa kita lakukan.

63 tahun merdeka. Sekali merdeka bukan merdeka sekali (merdeka banget). Ingat merdeka bukan membuat orang lain menjadi tidak merdeka. Merdeka bukan berteriak lantang sementara saudaramu terbelenggu... merdeka lah berbuat baik, merdeka lah berbakti pada negeri ini. Merdeka lah berdoa buat Indonesia. Negeri kita tercinta ini.

Amin.

(logo 63 tahun diambil dari http://hakimtea.com/)