Tuesday, January 20, 2009

Happy Moo-moo Year

Shallom semuanya.
Tahun 2009 ini gue pernah berjanji untuk lebih banyak menulis di blog. Tetapi selalu saja terbentur dengan bentrok. Ada macam2 sih bentroknya, di antaranya mengantuk, males dan cape deh. Hihihi. Oke lah ini sedikit intermezo saja.

Di tahun kebo yang akan tiba di tgl 26 jan ini, kita sepertinya harus memahami dan mengambil hikmah dari sang kerbau atau mahesa dlm bahasa sansekerta ini (sarjana sastra dan bahasa tolong ralat kalau salah ya). Kerbau itu pemberani, punya tanduk kalo jantan dewasa, pekerja keras dan alot dagingnya. Dia juga satu2nya pembajak yang tidak dikenai hukuman berdasarkan undang2 hak cipta. Karena membajak nya bukan membajak DVD (apalagi yg porno).

Tahun 2009 hampir menginjak satu bulan usianya. Mari kita tanya diri sendiri, apa yang sudah kita lakukan dan berapa banyak kesalahan dan dosa yang berhasil kita hindari. Track record kita lebih baik, lebih buruk atau "sami mawon" dengan tahun 2008 kemarin. Sifat dan perilaku kerbau yang negatif seperti: sudah makan terus tidur ya jangan diteladani. Kerja keras melawan krisis, pantang menyerah menyikapi keterbatasan dan selalu bersandar kepada Yang Empunya Hidup yaitu Tuhan kita harus selalu menyaertai langkah kita di tahun ini. Krisis ekonomi sejak akhir tahun kemarin janganlah membuat kita pasrah dan kalah sebelum bertanding. Di balik setiap krisis akan selalu ada peluang. Apalagi menyambut Pemilu ini. Orang yang pinter melukis ya cobalah untuk melukis foto caleg sehingga bisa dipajang di tembok rumah orang. Bosen kan kalo liat foto ukuran besar tanpa sentuhan seni menghadang mata kita sepanjang jalan? Yg pinter nyipta lagu ya ciptakan lagu merdu dan semangat untuk parpol peserta pemilu nanti. Yg pinter pidato ngelamar yuk jadi juru kampanye.

Krisis ini bukan dialami oleh bangsa kita tercinta saja saudara2. Sebagian besar dunia juga mengalaminya. Sektor industri yang paling terasa. Persahaan otomotif raksasa dengan optimis menurunkan target produksi dan penjualannya sebanyak 50% bahkan lebih. Karyawan banyak yang dirumahkan. Tikar sudah gak terhitung yang digulung. Abis kalo diguling ntar kambing marah kan. Apalagi babi. Hahahaha. Perush elektronik juga sama. Real estate goncang. Bank di Amrik sono ada 2 yang diambil alih. Beli mobil 1, gratis satu lagi. Kaya beli kentang goreng kan? Perush garment bgmn? Sama juga kecuali mungkin yang ekspor ke Timur Tengah sono.

Opini gue sih ada beberapa sektor industri yang kebal krisis. Ini IMHO lho ya. Industri kesehatan, rumah sakit contohnya gak akan terkena krisis. Malah makin krisis, makin laku, marema kata org sunda. Trus mana ada yg masuk rumah sakit krn sakit, dirawat, eh malah nawar biar biayanya tidak besar? Hahahaha. Pendidikan oke banget. Apalagi sektor hiburan. Makin byk yg stress, makin byk yang butuh hiburan kan. Hihihi.

Nah, apa langkah kita selanjutnya? Tetap semangat seperti kerbau dan ciptakan peluang. Dengan diawali mengucap syukur senantiasa. Tuhan memberkati, Amin.

Sent from my Nokia phone

No comments: